Apa Itu OCR
Optical Character Recognition yang disingkat OCR, yang dimana OCR adalah Teknik yang digunakan untuk mengedit file printer atau gambar yang diambil melalui Scanner. Cara mengedit butuh proses dan harus memakai sebuah software yang mendukung teknik OCR, dengan software yang mendukung OCR file printer atau gambar yang diambil melalui scanner akan dapat diedit.
Cara Melakukan OCR
2. Buka Microsoft PowerPoint, dan insertkan file gambar tersebut kedalam dokumen presentasi anda.
3. Klik Kanan pada gambar, pilih Save Picture As, beri nama file dan pilih format penyimpanan menjadi TIFF
4. Lalu buka Microsoft Office Document Imaging dari Menu Start > All Programs > Microsoft Office > Microsoft Office Tools > Microsoft Office Document Imaging.
5. Bukalah file tiff tadi melalui Microsoft Office Document Imaging.
6. Pilih Tools > Recognize Text Using OCR
7. Setelah proses konversi selesai, blok teks yang ingin diambil dengan menggunakan select tool.
8. Pilih Tools > Send Text To Word.
Hasil dari Konversi ditampilkan kedalam dokumen Word.
Aplikasi Yang Mendukung OCR
kita harus mempunyai aplikasi/software untuk bisa mendukung OCR, disini saya akan menunjukkan 10 aplikasi/software yang mendukung OCR tersebut:
- ABBYY FineReader
- OmniPage
- Readiris
- ExperVision TypeReader & OpenRTK
- CuneiForm
- AnyDoc Software OCR for AnyDoc
- GOCR
- Puma.NET
- Microsoft Office OneNote 2007
- Microsoft Office Document Imaging
Untuk melakukan OCR sendiri harus memerlukan sebuah perangkat lunak dan perangkat keras. Scanner merupakan salah satu perangkat keras yang dibutuhkan. Sedangkan untuk perangkat lunaknya adalah seperti Omnipage, Abbyy FineReader, dll. Info lengkapnya bisa dibaca di http://en.wikipedia.org/wiki/OCR_Software.
0 komentar:
Posting Komentar